Selasa, 01 September 2009

Miranda & Carrascao Resmi ke PSM Makassar

Selasa 1 September 2009 pukul 01.30 dinihari wita, Edgar Miranda, bek asal Paraguay dan Christian Carrascao (striker/Chile) akhirnya resmi berbaju PSM Makassar.

"Alhamdullilah, kami sudah bisa menggaet dua pemain asing. Kini kami tinggal mencari satu atau dua pemain untuk melengkapi skuad lokal yang ada," ujar Kadir Halid kepada GOSport, satu-satunya media yang hadir pada pertemuan itu.

Menurut Kadir, manajemen mengikat Miranda dan Carrascao setelah mendapat laporan tim medis bahwa keduanya tak bermasalah. "Memang dalam perjanjian kami dengan Nelson Sanchez (agen), keduanya hanya perlu menjalani tes medis sebelum dikontrak," ujarnya.

Ketika ditanya soal permintaan pelatih Hanafing yang menginginkan Osvaldo Moreno (striker/Paraguay) segera didatangkan ke Makassar, Kadir menegaskan pihak manajemen masih memikirkannya. "Terutama soal nilai transfernya. Saya sudah bicara dengan Sanchez, Osvaldo ternyata mematok kontrak minimal Rp 1 miliar. Terus terang berat buat kami," katanya.

Komentar Kadir bisa jadi menutup peluang Yao Junior Senaya (Togo) yang juga ditawarkan oleh Onana Jules dari agen Mutiara Hitam. Gelandang menyerang timnas Togo ini mematok harga Rp 1,1 miliar bila PSM ingin menggaetnya dari FY Juventus (Swiss), klubnya saat ini.

"Saya pikir banderol Senaya itu sepadan dengan statusnya sebagai pemain timnas Togo yang masih bermain di kualifikasi Piala Dunia 2010," ujar Onana.

Berdasarkan penelusuran GOSport di situs resmi FIFA, Senaya melakoni pertandingan terakhirnya bersama Togo di kualifikasi PD 2010 melawan Maroko, 20 Juni 2009. Pada pertandingan yang berakhir 0-0 itu, Senaya tampil selama 76 menit.

Sebelumnya pada 31 Mei 2009, Senaya malah tampil penuh saat Togo menekuk Zambia 1-0. Kalau ditarik lagi ke belakang, sebulan sebelumnya, tepatnya pada 19 April, Senaya tampil 9 menit terakhir saat Togo menekuk Kamerun.
Onana menjanjikan bisa mendatangkan Senaya kalau PSM mau.

"Senaya banyak mendapat informasi soal PSM dari Ali Khaddafi dan Ouadja Lantame. Sekarang, tinggal PSM mau atau tidak merekrut Senaya," tandas Onana.

Tunggu Pemain Lain

Kadir sendiri enggan berkomentar banyak. Menurutnya, saat ini pihaknya masih menunggu kedatangan Daniel Soares Baroni, gelandang 29 tahun. Pemain asal Brasil ini rencananya datang pada Minggu 6 September 2009.

"Baroni memang pemain bidikan kami sejak awal. Tapi, PSM ingin melihat langsung kualitasnya dulu sebelum teken kontrak," ujar Kadir menilai pemain yang terakhir memperkuat klub Rio Claro, Sao Paulo, Brasil ini.

Untuk mengukur kapasitas Baroni, Kadir mengaku sengaja menahan Mfundo Mathonsi (Afrika Selatan) yang sudah hadir di Makassar sejak Minggu 30 Agustus 2009. "Penampilan awal Mathonsi cukup lumayan. Tapi memang, sepintas kelasnya masih dibawah video Baroni," ungkapnya.

Meski begitu, Kadir menegaskan dirinya tak menutup kemungkinan menghadirkan Osvaldo sesuai keinginan Hanafing. "Pelatih ingin memainkan dua striker asing karena gelandang lokal cukup mumpuni sebagai pelapis," katanya.

Tapi, Kadir dan Manajemen PSM harus bergerak cepat. Karena Osvaldo kabarnya intensif didekati oleh Persija Jakarta dan Arema Malang.

"Osvaldo tampaknya memilih klub yang membayarnya mahal," ujar Sanchez yang membawa mantan striker PSM dan Persib Bandung itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar